Jumat, 27 Mei 2016

MEDIA PENYIMPANAN DATA DAN PERANGKAT KERAS, LUNAK PADA KOMPUTER


  1. MEDIA PENYIMPANAN DATA
Penyimpanan data komputer, berasal dari bahasa Inggris "computer data storage"sering disebut sebagai memori komputer, merujuk kepada komponen komputer, perangkat komputer, dan media perekaman yang mempertahankan data digital yang digunakan untuk beberapa interval waktu.

*        MACAM-MACAM PERANGKAT DAN PENYEDIAAN DATA

1.    Hard disk
Hard disk merupkan alat penyimpanan data sekunder yang kapasitasnya cukup besar. Selain memiiki kapasitas yang bervariasi harddisk juga memiliki interface yang berbeda sesuai teknologi yang diusungnya. Dalam computer desktop saat ini harddisk memiliki fungsi utama untuk meyimpaan system operasi dan aplikasi yang ada. Namun juga ada hard disk eksternal yang fungsinya untuk menyimpan data tetapi lebih portable karena menggunakan interface USB.

2.   Flashdisk
Flasdisk merupakan media penyimpan data paling popular dalam hal mobilitas karena karena ukurannya yang kecil. Selain untuk menyimpan data penting saat ini Flashdisk juga berfungsi sebagai alat bootable media sistem operasi komputer karena dapat diganti sesuai keperluan dan tidak terbatas. Namun flashdisk dapat disalah fungsikan, yaitu untuk menyebarkan virus untuk menyerang computer dan mencuri data.

3. Floppy Disk
Floppy disk adalah alat penyimpanan yang berbentuk persegi dan ada juga yang berbentuk persegi panjang dengan daya penyimpanan pada umumnya sebesar 1,44 MB. Dengan kapasitas sebesar itu tentunya dalam fungsionalitas sebagai penyimpan data portable pada masanya floppy disk hanya cukup menampung beberapa file saja. Disket juga berfungsi sebagai media untuk menjalankan OS DOS. 

4. CD
CD adalah sebuah media penyimpanan optical yang paling awal muncul. CD juga mempunyai diameter luar sebesar 120 mm dan diameter dalam sebesar 15 mm, serta pembacaan dan penulisaan data pada piringannya menggunakan laser. Kapasitas dari CD pada umumnya adalah sebesar 750 MB.
kebebanyakan digunakan untuk menyimpan data berupa music, gambar, dan video.

5. DVD
DVD merupakan media penyimpanan optical setelah CD, yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu pada umumnya 4,7 GB, tetapi ada juga yang mempunyai kapasitas sebesar 17GB. Pada umunya media DVD digunakan untuk instalasi OS, walaupun begitu DVD juga berfungsi sama seperti CD.

6. Blue Ray
Jika sebelumnya ada CD dan DVD, versi selanjutnya yaitu Blue Ray yang merupakan upgrade atau pengembangan dari CD dan DVD. Kapasitasnya juga tentu jauh lebih besar yaitu sekita 50GB. Bluray dipasaran kebanyakan digunakan untuk penyimpanan film/video.

7. Fluorescent Multilayer DISK(FM DISK)
Fluorescent merupakan yang saat ini menempati media penyimpanan yang paling besar, betapa tidak dengan kapasitas penyimpanannya sebesar 140 GB mampu membaca data sebesar 1GB perdetik. Biasa disebut juga FM Disk, permukaannya yang transfaran bisa dilihat dari sisi depan atau belakang, karena dua sisi tersebut bisa digunakan untuk penyimpanan data alias Multilayer. FM Disk berfungsi untuk menyimpan berbagai data termasuk file dokumen.

8. RAM
RAM adalah memori yang berfungsi untuk menyimpan sementara perintah dan data pada saat sebuah program dijalankan. Perintah data tersebut mencakup data yang akan dibaca dari harddisk, data-data yang dimasukkan melalui alat input komputer, dan juga data-data hasil pemrosesan sebuah program.

9. Cache Memory
Cache Memory merupakan media penyimpanan data sekunder berkecepatan tinggi, dimana tempat menyimpan data atau informasi sementara yang sering digunakan atau diakses oleh komputer.
Fungsi Cache Memory
- Mempercepat Akses data pada komputer
- Meringankan kerja prosessor
- Menjembatani perbedaan kecepatan antara cpu dan memory utama.
- Mempercepat kinerja memory

10. ROM
 Umumnya ROM tidak dapat diubah oleh sembarang pihak, karena ROM hanya dapat diakses dengan software tertentu dalam pengisiannya. Biasanya, data atau program yang tertulis pada ROM diisi oleh pabrik yang membuatnya. Umumnya ROM digunakan untuk menyimpan firmware, yaitu perangkat lunak yang berhubungan dengan perangkat keras. 

  1. PERANGKAT KERAS DAN LUNAK PADA KOMPUTER
*        PERANGKAT KERAS PADA KOMPUTER
Perangkat Keras Komputer (Hardware) adalah sebuah komponen fisik pada komputer yang digunakan oleh sistem untuk menjalankan perintah yang telah diprogramkan atau dalam arti singkatnya sebuah komponen pada komputer yang bisa disentuh, dilihat dan diraba.

·      Macam - Macam Perangkat Keras Pada Komputer (Hardware):
1. CPU (Central Processing Unit)
CPU adalah pusat pengendali dan pemerosesan pada sebuah komputer yang mengatur semua instruksi program dan semua aktivitas yang dilakukan dalam komputer, sehingga CPU biasa disebut sebagai otak dari komputer.

2. Motherboard (Mainboard)
Mainboard adalah papan sirkuit utama yang berguna sebagai tempat macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip bios, port, slot dan jalur konektor sebagai penghubung dari masing-masing perangkat.

3. Monitor
Monitor adalah sebuah perangkat keluaran yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang memakai komputer.

4. Keyboard
Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.

5. Mouse
Mouse adalah sebuah perangkat masukan yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor.

6. RAM (Random Access Memory)
Ram (Random Access Memory) adalah Tempat dimana kita menemukan instruksi-instruksi yang hendak dikerjakan dan sebagai media penyimpanan sementara.

7. Harddisk
Harddisk adalah Perangkat keras yang terbuat dari bahan kaku yang berlapisi piringan magnetik oksida yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar.

8. Processor
Processor adalah perangkat keras yang berguna untuk melakukan pembacaan, pengertian dan melaksanakan perintah dari pelaksanaan program.

9. Power Supply 
Power Supply adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk memberikan tenaga dan energi arus listrik pada komputer.

10. LAN Card (Local Area Network)
LAN (Local Area Network) adalah jembatan penghubung antara komputer server dan komputer client dalam jaringan LAN.

11. AGP Card (Accelerated Graphics Port)
AGP Card (Accelerated Graphics Port) adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memaksimalkan layar resolusi gambar pada komputer.

12. VGA Card (Video Graphics Accelerator)
VGA Card (Video Graphics Accelerator) Adalah perangkat keras yang berfungsi untuk merubah sinyal digital menjadi sinyal gambar.

13. FDD (Floppy Disk Drive)
FDD (Floopy Disk Drive) adalah perangkat keras yang digunakan untuk memutar piringan dan menggerakan head baca tulis yang selanjutnya diterjemahkan ke dalam disket.

14. Joystick
Joystick adalah alat masukan yang digunakan untuk memasukan perintah untuk menggerakan permainan pada komputer.

15. Printer
Printer adalah perangkat keluaran yang digunakan untuk mencetak data seperti gambar/foto, tulisan pada media kertas.

*      PERANGKAT LUNAK PADA KOMPUTER

Software ini adalah perangkat komputer yang berupa aplikasi yang berfungsi sebagai penghubung antar elemen yang terdapat dalam sebuah sistem komputer.
                       
                        Macam-macam perangkat lunak pada komputer:
1. Perangkat Lunak Sistem
Sistem Operasi / Operating System (OS)
Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang bertugas untuk mengendalikan dan mengatur hubungan antara komputer dengan perangkat keras (hardware) operasi dasar sistem, termasuk melakukan eksekusi terhadap software.

Bahasa Pemrograman (Program Language)
Bahasa pemrograman sering juga disebut dengan istilah Program Language, adalah sekumpulan intruksi dan aturan- aturan yang ditulis secara khusus kedalam bentuk kode- kode yang dapat dibaca oleh komputer untuk dapat melaksanakan fungsi dan tugas-tugas tertentu.

Program Utility
Adalah sebuah perangkat lunak yang terdapat pada komputer yang dibuat untuk menunjang sebuah performa dan melengkapi kinerja Operating System atau sistem operasi, beserta mendukung dari segi keamanan pada komputer, misalnya AntiVirus.
2. Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat Lunak Pengolah Kata
Program aplikasi pengolah kata dipergunakan untuk mengolah data berupa kata, seperti pengolahan naskah, skripsi, makalah, artikel, sertifikat, beserta teman-temannya. Contoh dari perangkat lunak pengolah kata adalah Microsoft Word, Open Office, Word Perfect, dan lain-lain.

Perangkat Lunak Pengolah Angka
Perangkat ini pada umunya berfungsi untuk mengolah data berbasis angka, menyelesaikan perhitungan ataupun fungsi counting. Dalam aplikasi ini kita akan dapat menyelesaikan perhitungan dengan akurat apabila kita menggunakan rumus dengan baik dan tepat. Contoh aplikasinya adalah : Loctus123, Microsoft Excel, dan sebagainya.

Perangkat Lunak Pengolah Presentasi
Adalah sebuah program yang difungsikan untuk merancang slide yang akan dipergunakan sebagai bahan materi presentasi dalam sebuah pertemuan, rapat, maupun seminar. Contoh dari program pembuat presentasi adalah Kpresentase, Microsoft Office Power Point dan lain lain.
3. Perangkat Lunak Pengolah Database
Merupakan software yang berfungsi untuk mengolah data dalam jumlah yang besar. Dengan menggunakan perangkat lunak yang satu ini  kita dapat menyunting maupun melakukan input data secara tepat dan akurat. Contoh dari aplikasi pengolah database ini adalah Microsoft Access, Foxpro, Dbase, Mysql dan lainnya.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar